Iklan

Kunjungi psychologynews.info untuk info dan artikel seputar psikologi terupdate
Home » , , » MENGENAL SETAN

MENGENAL SETAN

Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk dari golongan jin dan manusia tidaklain ialah agar mereka beribadah pada Allah SWT. (QS.Adz Dzariat: 56). Jin dan manusia diciptakan oleh Allah dari bahan yang berbeda. Jin merupakan makhluk yang tidak melihat oleh mata kita dan diciptakan dari api yang menyala-nyala (QS.Arahman; 15) Sama seperti manusia, jin diharuskan menjalankan syariat Islam. Diantara mereka ada yang taat kepada Allah. Tetapi ada pula yang ingkar dan tidak taat kepada Allah. Pada masa Nabi Adam jin yang ingkar itu dinamakan iblis.
Iblis mulai menyandang sifat setan sejak ia melanggar perintah Allah. Iblis merupakan belangny asetan, sedangkan setan-setan sesudahnya ialah generasi dan keluarganya dari golongan jin maupun manusia. Sehingga sebutan kata setan digunakan bagi siapa pun yang suka membangkang, sombong dan melanggar; baik dari bangsa jin dan manusia (Al An’am: 112). Pemimpin para penyombong tersebut adalah iblis terlaknat, ia adalah setan pertama dan tertua.
Bagaimanapun setan ialah musuh Allah. Dia akan senan tiasa menyesatkan manusia dalam segala urusan, baik dunia maupun akhirat. Dan untuk mencapai targetnya tersebut, setan mengejak manusia melalui berbagai macam jalur atau pintu (QS. 7: 16-17)
Pintu-pintu setan antara lain,
1.       Harta dan kekuasaan
Setan kadangkala memasuki manusia dan menguasainya dari pintu kebak- hilan.manusia menjadi rakus terhadap harta, senang menyimpan dan tidakmau membe- lanjakannya dijalan Allah.
2.       Wanita/pria
Pada dasarnya Islam tidak pernah mengharamkan sesuatu melainkan menghalalkan yang lain. Alah mengharamkan zina tetapi menghalalkan nikah. Bagi kaula muda, pintu setan yang tebasar ialah pergaulan bebas, sehingga setan sekuat tenaga merongrong kita agar mencintai yang haram dan menyulap kemaksiatan menjadi sesuatu yang halal agar kita rela menumpahkan nafsu
sahwat kepada seseorang yang bukan hak milik kita. Rasulualah bersabda, “Siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia bersunyi sepi berduaan dengan wanita yang tidak didampingi mahramnya, sebab bila demikian, setelah yang menjadi pihak ketiganya.
3.       Kesenangan dunia
Setan selalu menjadikan dunia ini sebagai surga bagi orang yang hanya mencari kenikmatan dunia dan menging- kari adanya kehidupan akhirat.
4.       Tradisi yang menyeimpang dari agama
Setan menyruh kita kokoh memegang dan menjalankan tradisi jahiliah, fanatik terhadap kebiasaan ayah dan nenek moyang, meski tradisi itu nyata-nyata bertentangan dengan Islam.darisiniah awaltimbulnya kemusrikan dan bid’ah dalam Agama.
5.       Waktu luang dan suka santai
Pintu setan yang lain adalah waktu luang dan suka santai, tidak mau cepet dan tidakmau menempuh kesuitan. Rasulullah pernah menyatakan bahwa ada duaha yang sealu disia-siakan manusia, yang pertama, waktu yang luang dan yang kedua adalah kesehatan. Orang yang menyia-nyiakan waktu luang dan keshatan inilah yang sudah terkena jebakan setan.
6.       Menjauhi kebenaran
Pintu setan selamjutnya ialah disuruh menjauhi kebenaran, malah condong kepada kesalahan dan berlebihan dalam mengerjakan sesuatu.
7.       Kebodohan dan meremehkan ilmu
Rasulullah bersabda, “Satu orang yang berilmu lebih ditakuti setan dari pada satu ahli ibadah.” (HR.Tirmidzi). maka setan slalu mengganggu orang yang menuntut ilmu dengan berbagai cara agar mereka terjerumus kepada sifat sombong serta menyembunyikan ilmunya. Bahkan ada
yang menjual ilmu demi keuntungan dunia yang sifatnya sementara.
8.       Kemiskinan
Setan begitu gencar menghasut para duafa agar tidak mempercayai adanya Alah, agar kita tidak mempercayai adanya Allah maha pemberi rizki, maha pangasih maha penyayang dsb. Rasulullah telah memperingatkan kekpada umatnya bahwa seringksli kemiskinan dan kefakiran mendorong manusia kepada kakufuran. Hal ini harus selalu diingat agarkita tidak terjerumus kedalam pengaruh setan tersebut.
Cara menangkal godaan setan
Diantaranya :
1.       Berlindung diri kepada Allah dari setan terkutuk
2.       Dzikir/mengingat Allah dan melak- sanakan shalat
3.       Membaca Al-qur’an
4.       Menjauhi tempt-tempat kemaksiatan
5.       Memperbanyak amal shalih dan mengajak kepada kebaikan.
6.       Segera melakukan taubat dan igstifar ketika melakukan kemaksiatan.
7.       Istikomah dalam ajaran islam
Dikisahkan bahawa wahab bin Munbah berkata:
                Allah swt telah memerintahkan kepada iblis untuk mendatangi Nabi Muhamad dan menjawab pertanyaan beliau. Maka datangah ia sambil menjelma sebagai sepasang kaki yang bertongkat. Nabi bertanya kepada ibis,
“siapakah engkau?”
                Aku ibils.” Jawabnya
“apa tujuanmu datang kemari? ”Tanya Rasuullah
                “Allah telah memrintah kanku untuk mendatangi tuan, serta menjawab pertanyaan tuan,” jawab iblis.
                “baiklah aku akan bertanya, hai iblis, berapa banyak musuhmu dari umatku? ”Tanya Nabi.
“musuhku ada 15, yaitu:
  1. Tuan sendiri (Rasulullah swt)
  2. Imam (hakum) yang adil
  3. Orang kaya yang rendah hati
  4. Pandangan yang jujujr
  5. Orang alim yang shalatnya khusu
  6. Orang mukmin yang ikhlas
  7. Orang mukmin yang berkasih sayang
  8. Orang yang bertaubat dan mau menjaganya
  9. Orang yang menjaga dirinya dari barang haram
  10. Orang mukmin yang menjaga kesuciandirinya
  11. Orang mukmin yang banyak sedekahnya
  12. Orang yang berakhlak mulia
  13. Orang mukmin yang berguna bagi umat manusia
  14. Penghafal Al-qur’an dan orang yang slalu membacanya, dan
  15. Orang yang beribadah malam, dimana manusia sedang enak-enakny atidur.
Iblis menjawab temannya ada sepuluh, yaitu:
  1. Hakum yang zalim
  2. Orang kaya yang sombong
  3. Pedangan yang khianat
  4. Pemabuk
  5. Tukang fitnah
  6. Orang yang beramal dengan riya
  7. Pemakan harta anak yatim
  8. Orang yang malas mengerjakan shalat
  9. Orang yang tidak mau mengeluarkan zakat
  10. Orang yang slalu bercita-cita tentang dunia
“mereka itulah saudara-saudara dan sahabat-sahabatku di dunia.”
Dapat disimpukan bahwa jalan yang dilewati setan, adaah
  1. Kenyang yang berfungsi penganut nafsu, syahwat. Banyak makan dapat menyempikan akal dan menghilangkan kecerdasan. Nabi bersabda: “pangkal segala penyakit ialah terlalu kenyang dan pengkal segala obet ialah lapar.”
  2. Dengki (iri hati). Tidak rela orang lain mendapatkan kenikmatan dan anugrah dari allah, bahkan melakuka segala cara untuk menghilangkan dan menghalang-halanginya.
  3. Takabur (sombong). Orang sombong adalah orang yang paling dibenci allah. Kesombongan menjadi dinding (penghalang) kesyurga. Nabi bersabda, “tidak bisa masuk seorang yang di dalam hatinya ada kesombongan walau hany asebesar atom.”
  4. Kikir. Firman allah, “setan menakut-nakutimu karna menafkahkan harta di jalan allah dengan kemiskinan. Dan memperdaya kamu agar berbuat kejahatan (beraku kikir dan sedekah)
“Kalo bukan sekarang kapanlagi untuk berubah.”
            Dikutip dari Bulletin jum’at, Sambung Rasa

0 comments:

Post a Comment

Biasakan meninggalkan jejak sebelum pergi, berkomentlah yang bermanfaat, atau sharing pengetahuan anda di sini

Tutorial Pemrogramman
Info Psykologi
Info Akuntansi
Android Aplication
download IDM